Rabu, 22 Juni 2016

Ekonomi Syariah


Ekonomi secara bahasa artinya tata kelola rumah tangga. Nah ekonomi itu sendiri maksudnya aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Jadi dalam ilmu ekonomi, kita mempelajari teori-teori ekonomi secara mikro maupun makro. Gunanya, kita jadi bisa berpikir logis dalam mengambil keputusan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan sebagai individu, perusahaan, maupun pemerintah nantinya.

Syariah secara bahasa artinya jalan, aturan, dll. Secara istilah, syariat islam adalah semua aturan yang Allah turunkan untuk para hamba-Nya (melalui nabi Muhammad), baik terkait masalah aqidah, ibadah, muamalah, adab, maupun akhlak. Baik terkait hubungan makhluk dengan Allah, maupun hubungan antar-sesama makhluk. Di Indonesia, di beberapa PTN digunakan nomenklatur Jurusan Ekonomi Islam menggantikan Ekonomi Syariah. 


Di luar negeri sendiri kata Ekonomi Islam lebih populer dibanding Ekonomi Syariah (Islamic Finance, Islamic Economics, Islamic Bond, dll) dan penggunaan kata syariah di Indonesia sebenarnya mengandung semacam nilai sejarah. Jadi, zaman orde baru dulu rawan gerakan bikin negara baru termasuk semacam negara Islam, maka agar tetap dapat mengusahakan bank dengan prinsip yang tidak ribawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar